Memuji orang adalah perbuatan sepele yang memberikan banyak makna. Mereka yang hebat dan luar biasa sukses, biasanya sangat pandai memuji orang lain. Memuji sering dilakukan para pembicara, politikus, pengusaha, atau mereka berkecimpung dalam organisasi.

Ada sebuah ekspresi yang menarik. Kalau Anda bertemu dengan Ronald Reagan, Anda akan ketemu dengan orang yang sangat dinamis dan Anda akan termotivasi olehnya. Kalau Anda bertemu dengan Presiden Amerika yang lain, maka Anda akan merasa banyak belajar dari mereka. Tetapi kalau Anda bertemu dengan Clinton, konon katanya Anda akan merasa Andalah orang yang paling pintar bahkan lebih pintar dari dia.

Hal ini tentu saja sangat menarik. Bahwa Clinton adalah orang yang mampu berkomunikasi dengan sangat baik dan mampu membuat orang lain lebih pintar dari dia.

Dengan memuji, kita bisa membuat orang lebih senang, bangga hati dan lebih senang bekerja keras untuk Anda. Memuji adalah sebuah seni yang perlu kita pelajari, tetapi sering dilupakan karena tidak pernah diajarkan di sekolah. Umumnya kita belajar ketrampilan ini secara natural. Kalau Anda sudah biasa terlibat dalam environment yang baik seperti di hotel atau tempat layanan jasa lainnya, Anda akan mempunyai kebiasaan itu.

Orang yang sukses umumnya memiliki kebiasaan memuji yang baik. Mereka selalu bilang, “Wah bisnis Anda maju ya, terimakasih”. Dia selalu mampu membuat orang lain mempunyai semangat lebih dalam melayani dia.

Memuji mempunyai dua elemen penting yang harus Anda perhatikan.

Elemen pertama adalah cara memuji yang benar. Jadi tidak mengarang dan mengada-ada. Kedua, memuji dengan tulus. Jadi ada kata benar dan tulus dalam pujian Anda. Setiap orang pasti mempunyai kelebihan. Orang yang kurang pandai berpikir secara logis, mungkin memiliki kepandaian berbicara, bersahabat, menggambar atau bermain komputer. Ada saja kelebihan seseorang dibandingkan dengan orang lain. Kita akan selalu bisa melihat kalau kita memperhatikan dengan baik.

Kalau Anda bisa memuji dengan baik dan benar, maka semua orang akan senang bersahabat dengan Anda. Dari situ Anda akan mempunyai networking dan teman yang lebih banyak.

Sering saya melihat orang yang tidak bisa memuji orang lain. Pegawai sudah bekerja keras tetapi tetap tidak mendapat pujian. Padahal memuji itu adalah sesuatu yang murah, mudah dan berguna bagi karier Anda sendiri.

Cobalah mulai dari sekarang mempelajari cara memuji yang baik. Perlihatkan ekspresi ketulusan hati Anda dan perhatikan pula kebenaran isi pujian Anda.

Sukses Untuk Anda