Dengan telah berakhirnya Ujian Nasional (UN) SMP Tahun Pelajaran 2010/2011, siswa-siswi kelas 9 SMPIT Nur Hidayah melakukan Wisata ke Yogyakarta. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kepenatan dan memberikan kesegaran, hiburan serta mencari pengalaman sebagai tambahan pengetahuan. Dalam kegiatan ini SMPIT Nur Hidayah bekerja sama dengan Anjani Tour yang bergerak dalam bidang jasa Tour dan Travelling. Dengan menggunakan armada 3 bus besar Tunggal Daya dari Yogyakarta. Wisata kali ini hanya diikuti para pelajar kelas 9 (III), atau kelas akhir yang akan meninggalkan bangku sekolah dan melanjutkan ke jenjang SMA dengan jumlah sekitar 118 siswa dan 13 guru pendamping. Adapun lokasi yang di tuju adalah Gua Cermai, Pantai Parangtritis, Malioboro dengan jadwal keberangkatan pada tanggal 21 Mei 2011 pada pukul 07.00 wib.

Sekitar jam 10.00 wib rombongan tiba di lokasi Gua Cermai, akan tetapi disini rombongan tidak bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi. Hal ini dikarenakan karena akses jalan menuju Gua Cermai sangat sempit dan Bus yang ukurannya besar tidak bisa melalui jalan  tersebut. Maka terpaksa panitia harus menyewa 5 Bis Kecil untuk bisa tiba di Gua Cermai, bis itu memang tiap harinya standby disitu untuk mengangkut penumpang menuju Gua Cermai.

Alhamdulillah sekitar jam 10.30 wib rombongan sudah berada di Gua Cermai semua, kemudian peserta dikumpulkan dahulu untuk diberi penjelasan dari panitia dan sambutan dari Ust. Moch. Agus Nurdin, SIP. Setelah diberi pengarahan sebentar dan untuk mempersingkat waktu maka peserta langung diajak menuju ke Gua. Sampai di mulut Gua peserta di beri panduan/instruktsi dari petugas instruktur Gua. Salah satu dari panduan tersebut adalah peserta tidak diperbolehkan ramai/teriak-teriak, diharapkan membawa senter karena di dalam Gua sangat gelap sekali.

Setelah semua diberi panduan dan dirasa sudah paham semua maka satu persatu peserta langsung turun ke Gua di pandu 4 orang instruktur. Panjang Gua ini sekitar 1,5 km dan ditempuh dalam waktu 2 jam menyusuri aliran sungai di dalam Gua dan bebatuan. Langkah demi langkah kaki menyusuri Gua, Alhamdulillah jam 12.30 akhirnya peserta tiba di ujung Gua dengan selamat.

Pada pukul 13.30 wib perjalanan wisata dilanjutkan kembali, sekarang yang menjadi tujuan berikutnya adalah kawasan Pantai Parangtritis, perjalanan ke Pantai dilalui kuarang lebih 1 jam lamanya. Subhanallah pemandangannya sangat indah sekali. Disini hampir semua peserta termasuk pendamping bermain air/ombak. Semua pada asyik sendiri ada yang renang, bermain pasir, sepak bola, dll. Sekitar 1,5 jam bermain air dan terasa sudah cukup maka semuanya pada ganti baju.

Sekitar pukul 17.00 wib perjalanan wisata dilanjutkan kembali menuju kawasan wisata belanja Malioboro. Sebelum sampai di Malioboro rombongan mampir ke pusat oleh-oleh di daerah Bantul. Setelah dirasa cukup untuk membeli oleh-oleh kemudian perjlanan dilanjutkan menuju objek terakhir yaitu kawasan Malioboro, sampai disana sekitar pukul 17.30 wib. Tiba disana peserta mencari mushola dahulu untuk melaksanakan sholat Maghrib dan Isya’ (jamak). Setelah selesai sholat peserta pada jalan-jalan sendiri, ada yang belanja, ada yang sekedar nongkrong, jalan-jalan, dan ada juga yang pilih kembali ke bis saja untuk tidur/istirahat mungkin karena sudah ada yang bosan ke Malioboro.

Pukul 20.30 peserta ada sudah kumpul semua untuk melakukan perjalanan selanjutnya yaitu pulang ke Solo. Alhamdulillah sekitar jam 22.00 wib rombongan tiba dengan selamat tidak ada  halangan sesuatu apapun. Pokoknya capek tapi seru..Alhamdulillahirobbil’alamin…..