SEA GAMES RESMI DI BUKA

Perhelatan SEA Games XXVI 2011 dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Stadion Jakabaring Sport City Center Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (11/11) sekitar pukul 21.00 WIB.

Dengan pakaian adat Palembang lengkap dengan ikat kepala, Presiden membuka perhelatan akbar itu di hadapan puluhan ribu penonton.

“Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, SEA Games XXVI Palembang dan Jakarta resmi dimulai,” ucap SBY.

Dalam sambutannya, Presiden SBY juga mengatakan bahwa ajang olah raga tersebut dapat meningkatkan hubungan antar-negara Asia Tenggara. Selain itu, SEA Games juga diharapkan mampu meningkatkan prestasi olah raga kawasan tersebut.

“ASEAN kian menjadi kawasan dinamis dan penuh kemajuan. Mari kita tingkatkan kerja sama dan kemitraan lebih tinggi untuk mewujudkan Asia Tenggara yang damai, adil, maju dan sejahtera,” tutur Presiden.

Sementara itu, pertunjukan seni spektakuler menjadi suguhan acara pembukaan SEA Games. Tema pertunjukan tersebut bertema “Sriwijaya Semenanjung Emas Indonesia”.

Pertunjukan seni tersebut bercerita mengenai kejayaaan Kerajaan Sriwijaya di masa silam yang dikemas dalam beberapa tarian ciptaan sejumlah koreografer handal Indonesia.

Pertunjukan diawali dengan tarian Journey Begin ciptaan Hartati. Tarian tersebut menceritakan asal muasal Kerajaan Sriwijaya, dengan gambaran puluhan orang berdatangan ke wilayah sekitar Sungai Musi pada masa lampau.

Dalam pertunjukan, Sungai Musi diceritakan sebagai wilayah kering hingga mengalirlah air yang menghidupi kawasan tersebut. Kemudian beramai-ramai orang berdatangan dengan membawa beragam peralatan pertanian untuk membangun daerah itu. Kawasan itu akhirnya menjadi subur dan beragam aktivitas kehidupan terjadi di sana.

Selanjutnya, kawasan sekitar Musi berkembang menjadi suatu kerajaan besar yang menguasai Semenanjung Asia, karena kecakapan bidang maritim. Sebuah kapal layar berukuran besar yang berada di tengah para penari menjadi simbol kejayaan Sriwijaya kala itu.

Selain pertunjukan dengan cerita rakyat, para penari juga menampilkan tarian yang bercerita tentang mimpi seorang bocah menjadi pesepakbola terhebat.

Sementara itu, api SEA Games yang sudah sebulan mengelilingi Indonesia tiba di Stadion Jakabaring dibawa oleh Mantan Atlet Bulu Tangkis, Susi Susanti. Peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 itu kemudian menyalakan obor raksasa berbentuk bunga lotus di Stadion Jakabaring.

Menyalanya api obor raksasa tersebut merupakan tanda bahwa SEA Games resmi dibuka. (*)